Tanggul Laut Jakarta Alami Kebocoran, Air Rembesannya Bikin Was-Was

Pembangunan Tanggul Laut Raksasa Jakarta atau Giant Sea Wall masih terus di lakukan. Tanggul ini sendiri mulai di bangun pada 2014 lalu di beberapa titik di Utara Jakarta yang berbatasan langsung dengan lautan.

Pembangunan dari tanggul laut Jakarta sendiri di ketahui merupakan proyek jangka panjang yang di rencanakan akan selesai pada 2027 mendatang. Di lansir Liputan6.com dari Merdeka.com, Rabu (27/9/2023), Pemerintah DKI Jakarta wajib untuk membangun 11 km tanggul demi mengantisipasi adanya banjir rob.

Namun, baru-baru ini viral di media sosial mengenai sebuah video yang memperlihatkan tanggul laut Jakarta mengalami kebocoran. Video yang di unggah oleh Jerhemy Owen pada akun Instagram pribadinya pun menjadi sorotan netizen.

Owen yang memang di ketahui sebagai konten kreator lingkungan ini menyoroti adanya beberapa kebocoran di tanggul laut Jakarta.

Video yang di unggah oleh akun Instagram @jerhemynemo ini pun langsung menjadi viral di beberapa platform media sosial. Tak hanya itu saja, di rangkum Liputan6.com dari akun Instagram @jerhemynemo, Rabu (27/9/2023), tak sedikit netizen yang ikut merasa was-was mengenai adanya kebocoran tanggul laut Jakarta tersebut.

Melalui akun Instagram, Jerhemy Owen atau yang akrab di sapa Owen ini memang seiring menyoroti mengenai kondisi lingkungan terutama di Indonesia. Beberapa video yang di bagikan TikToker sekaligus YouTuber ini pun kerap viral dan menjadi sorotan netizen.

Terbaru, Owen tampak menyoroti mengenai tanggul laut raksasa Jakarta yang mulai mengalami kebocoran. Dalam video yang di unggah, kekasih dari Erika Richardo ini memperlihatkan kondisi terbaru tanggul yang di bangun pada 2014 lalu.

“Guys, tau enggak kenapa tanggul ini terkenal banget? Karena kalo enggak ada tembok ini Jakarta udah tenggelam. Jujur ini temboknya rada menyeramkan,” ujar Owen.

Tak hanya itu saja, Owen juga mengungkapkan jika air laut yang berada persis dis ebelah tembok telah lebih tinggi di bandingkan daratan. Hal ini juga terlihat dari kondisi masjid terbengkalai yang telah tenggelam sebagian.

“Buktinya, ini ada masjid yang terbengkalai karena tenggelam lho di sebelahnya. namanya masjid Wal Adhuna yang ada di Jakarta Utara. laut dan daratan cuma di batasin sama tembok guys,

bahkan kalau kalian perhatiin air lautnya itu udah lebih tinggi daripada daratannya,” lanjutnya.

Dalam video yang di unggah, Owen juga memperlihatkan bebersapa sisi pondasi tembok yang tampak retak. Hal ini pun membuat banyak netizen ikut merasa was-was. Terlebih, dari retakatn tersebut terdapat pula air laut yang merembas.

“Ini (tanggul laut) adalah salah satu cara pemerintah buat menghindari masalah tenggelamnya Jakarta. Tapi emangnya bisa jakarta ngga akan tenggelam lagu cuman dengan tembok kayakgini?

Lihat tuh ini bukan air bocor biasa, tapi ini air laut yang bocor ke daratan Jakarta,” ujar Owen sembari memperlihatkan kebocoran air laut.

Lebih lanjut, demi keamanan warga sekitar, bangunan-bangunan yang ada di sekitar pun telah dugusur dan di pindahkan..


Meningkatnya volume air laut sendiri menjadi salah satu efek dari pemanasan global. Hal ini pula yang membuat permukaan air laut di utara Jakarta lebih tinggi di bandingkan daratan.

Tak hanya itu saja, tanah di Jakarta yang semakin menurunkan di perkirakan karena adanya eksploitasi air tanah secara terus-menerus.

” Kalian kebayang enggak sih kalau tiba-tiba temboknya ini udah ngga kuat dan rubuh . Air laut bakalan tetap naik karena pemanasan global. Terus,

permukaan tanah jakarta tetap bakalan turun karena eksploitasi air tanah. berdasarkan data penurunannya itu bisa sampai 10 20 cm per tahunnya,” ujarnya.

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah image-4.png

KAMI PASTIKAN 100% KEMENANGAN DI BAYAR LUNAS !!! AYO BURUAN BERGABUNG BERSAMA KAMI, DAFTAR DAN MENANGKAN JACKPOTNYA SEKARANG JUGA!!!!

TEKAT4D Berkembang Di Dalam Dunia Gambling Site Atau Situs Game Slot Online Terlengkap Serta Pasaran Bola Tertinggi Di Indonesia Dirancang Menjadi Responsive Agar Anda Bermain Dengan Mudah Melalui Android, Ios, Laptop dan Komputer/PC.

Promo Bonus Terbesar Hanya Di Agen Slot TEKAT4D
Member Baru Slot 50%
Deposit Harian 10%
Cashback Up 15%
Rollingan Up 1%
Referral
 5%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *